Refleksi

Friday, 05 June 2020 20:22

PERAN PENTING PENGETAHUAN YANG BENAR DALAM ZIARAH HIDUP

Written by P. John Masneno, SVD
PERAN PENTING PENGETAHUAN YANG BENAR DALAM ZIARAH HIDUP PERAN PENTING PENGETAHUAN YANG BENAR DALAM ZIARAH HIDUP dok. Sumur Yakub

Sahabat-sahabat Tuhan ytk!

Salam jumpa melalui Review Biblis Spiritual atas Sabda Tuhan yang direnungkan sepanjang pekan ini. Kisah perjalanan selama 7 hari (1080 menit) sepanjang pekan ini tentu menyisahkan banyak hal, dan sepetinya ulasan ini terlalu singkat untuk menghadirkan kembali semua hal yang telah kita alami sepanjang pekan ini. Sebab itu ulasan ini mengarahkan kita untuk fokus pada pesan-pesan inti Sabda Tuhan yang kita renungkan sepanjang pekan ini.

Ulasan ini dimulai dengan satu kisah lucu bijak dari buku Humor Bijak tulisan Pastor Joe C.Ss.R. di Manila-Filipina. Kisah lucu itu tentang proses seorang ibu yang membimbing putra semata wayangnya untuk mengetahui Allah yang Mahatahu dari hal-hal yang sederhana. Kisah itu bermula dari pertanyaan ibu itu kepada anakanya perihal uang yang hilang dari dompetnya. Ibu itu yakin anaknya yang mengambil uangnya karena hal itu terjadi saat mereka mengikuti acara keluarga, dan hanya anaknya itu yang tinggal di rumah saat itu.

Menyadari bahwa anaknya berupaya ‘mencuci tangan’ maka sambil menunjuk ke arah salib yang digantung di dinding kamar mereka, ibu itu memberitahu anaknya bahwa wajah Tuhan di salib mengarah ke meja di tempat dompetnya disimpan maka Tuhan pasti melihat siapa yang mengambil uangnya. Anak lugu ini pun penuh keheranan campur kagum dan takut juga atas penjelasan ibunya karena ternyata Tuhan di Salib yang mereka gantung di dinding itu ternyata bisa melihat dia saat mengambil uang Ibunya. Maka anak itu pun mengaku bahwa dia lah yang mengambil uang ibunya.

Hal menarik muncul ketika kejadian yang sama kembali terjadi beberapa waktu kemudian. Uang hilang lagi dari dompet ibu itu. Dan sudah tentu Si Putra ‘diinterogasi’ lagi oleh ibunya. Tetapi anaknya mengatakan bahwa bukan dia yang mengambil uang itu. Maka sambil menunjuk Salib, ibu itu mengulangi kata-kata yang disampaikan pada kejadian sebelumnya tentang mata Tuhan di salib yang melihat semua peristiwa di rumah itu. Tetapi putranya justru spontan mengatakan: “Tuhan tidak mungkin melihat saya Bu. Supaya ibu tahu,  saya balikkan wajah Tuhan di Salib itu menghadap tembok sebelum saya mengambil uang Ibu. Kalau Tuhan bisa lihat berarti kata-kata Ibu kali lalu tidak benar.”  

Lalu di saat itulah si Ibu menghantar putranya itu ke satu pengetahuan yang lebih mendalam tentang iman akan Tuhan. Dia mengajar anaknya bahwa Tuhan itu bisa tahu segalanya karena Tuhan itu Mahatahu. Daya lihat Tuhan jauh lebih melebihi kemampuan mata manusia. Kalau manusia hanya bisa melihat yang tampak di depan matanya, maka mata Tuhan mampu melihat segala hal di alam semesta ini. Anak itu mendapat pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas dari sebelumnya.

Pastor Joe menutup kisah lucu bijak dengan kata-kata indah dari Mazmur 139 tentang pengakuan iman pemazmur bahwa Allah itu Mahatahu. Bersikap apa adanya di hadirat Tuhan dan membiarkan dirinya dituntun ke-Mahatuan Tuhan menjadi kunci mengetahui dan memahami kebenaran sejati.

Para pencinta kebenaran sejati ytk,

Si anak tadi yang lugu, polos dan penuh rasa ingin sebenarnya mempresentasikan situasi kita dalam upaya mengetahui dan memahami arti dan makna kehidupan. Pengetahuan dan pemahaman berkembang secara alamiah seturut proses pencarian kita dari waktu ke waktu hingga akhirnya kita menemukan, mengetahui dan  memahami hal-hal yang baik, benar dan luhur dalam hidup kita.

Diri kita ibarat satu computer baru yang hardisk memorinya masih kosong saat kita lahir. Seiring upaya kita mencaritahu hal-hal yang berkaitan dengan hidup dan kehidupan kita, memori computer kita pun perlahan-lahan mulai diisi data-data. Kenangan-kenangan dari satu pengalaman ke pangalaman lain mulai mengisi memori computer kita. Informasi maupun pengetahuan yang kita dapat dari luar diri kita pun semakin menambah memori computer diri kita.

Siapa kita sekarang adalah hasil kumpulan memori atau endapan pengalaman dan hal-hal yang kita alami serta dapatkan seumur hidup kita. Dan memori-memori yang telah terpatri dalam diri kita menjadi motor penggerak pikiran, tutur kata dan sikap kita. Entah pikiran, turut kata dan sikap yang baik, benar dan terpuji atau tidak, sangat ditentukan oleh isi/content memori pengontrol yang tersimpan dalam diri kita.

Begitupun kita bisa menerima atau menolak sesuatu hal atau pengetahuan dari luar diri kita pun turut ditentukan oleh pengetahuan dan pemahaman yang terbentuk dalam budi dan hati (mindset-heartset) kita. Contoh nyata akan hal ini bisa kita temukan dalam kisah-kisah Injil sepanjang pekan ini. Orang-orang Yahudi dari berbagai golongan berupaya mengkonfrontasi Yesus dan ajaran-ajaranNya melalui pertanyaan-pertanyaan jebakkan mereka. Mereka melakukan semuanya karena pengetahuan dan pemahaman mereka berbasis pada ajaran agama dan keyakinan mereka.

  • Di Injil hari Selasa 2 Juni lalu misalnya, orang-orang Farisi dan Herodian menjebak Yesus dengan pertanyaan diplomatis tentang perlunya membayar pajak atau tidak.
  • Atau di Injil hari Rabu 3 Juni lalu, orang-orang Saduki mencoba menjebak Yesus dengan pertanyaan tentang perempuan yang dinikahi 7 bersaudara.
  • Demikian pun pertanyaan Ahli Taurat tentang hukum terpenting yang perlu diterapkan manusia agar bisa bahagia (Injil 4 Juni 2020).
  • Pertanyaan para Ahli Taurat tentang hubungan Yesus dan Daud (Injil 5 Juni 2020).
  • Kritikan Yesus kepada Ahli-Ahli Taurat karena kesenjangan antara ajaran dan tindakan mereka (Injil hari ini 6 Juni 2020 ).

Kisah-kisah tersebut menjadi penegas pentingnya pengetahuan dan pemahaman yang benar dalam hidup sehingga hidup kita pun dirahkan pada tujuan yang baik dan benar. Inilah alasan mengapa Rasul Paulus menuntun Timotius, sebagaimana direnungkan di bacaan pertama sepanjang pekan ini, untuk mengarahkan hidupnya menurut jalan-jalan kebenaran dan kebaikan sejati sehingga hidupnya berdaya guna bagi Tuhan dan sesama.

Merenungkan kebenaran ajaran Yesus dan nasihat-nasihat Rasul Paulus kepada Timotius, kita menyadari bahwa sebenarnya ajaran dan nasihat itu ditujukkan kepada kita juga di tengah ‘hujan informasi’ yang terus mengalir deras dalam kehidupan kita. Sepanjang pekan ini saja kita mendapatkan begitu banyak informasi khususnya dari medsos termasuk hoaks yang kadang membingungkan kita. Maka tujuan mendalami Sabda Tuhan dari hari ke hari agar kita menjaga hati, budi, jiwa kita dengan pengetahuan dan ajaran-ajaran yang benar sehingga menjadi inner-power yang menggerakan kita mengikuti Tuhan sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup sejati. Karena, sekali lagi, pengetahuan dan pemahaman itu akan mengontrol akan mengontrol pikiran, kata dan tindakan kita. Mahatma Gandhi mengexpresikan realita ini secara baik dengan mengatakan:

“Watch your thoughts for they become your words, watch your words for they become your actions, watch your actions for they become habits, watch your habits for they become your character, watch your character for it becomes your destiny.” (jagalah pikiranmu karena akan menjadi kata-katamu, jagalah kata-katamu karena akan menjadi tindakanmu, jagalah tindakanmu karena akan menjadi kebiasaanmu, jagalah kebiasaanmu karena akan menjadi karaktermu, dan jagalah karaktermu karena akan menjadi titik tuju/hasil yang dituju/diraih).

Kiranya review Spiritual atas Sabda Tuhan sepanjang minggu ini menginspirasi kita untuk:

  • mesyukuri tuntunan Tuhan, Sang Jalan Kebenaran dan kehidupan sejati yang telah menuntun hidup kita dari waktu ke waktu, dari pengalaman ke pengalaman lain. Syukur dari yang hati yang iklas semakin memperteguh keyakinan kita pada Tuhan sebagai sumber pengetahuan sejati.
  • Kita juga mau berterima kasih untuk orang-orang yang telah menjadi Rasul Paulus yang membimbing kita pada jalan-jalan baik dan luhur. (luangkan waktu sejenak mengenang dan mendoakan dalam hati kecil orang-orang yang telah pengaruhnya cukup signifikan dalam hidup Anda).
  • menyegarkan komitmen kita untuk terus mengikuti Tuhan sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup sejati garansi bagi kesejahateraan dan kebahagiaan kita baik di dunia ini maupun di akhirat. Kita mau meneruskan komitmen untuk menjadi Rasul Paulus juga Timotius-Timotius yang membutuhkan tuntunan kita agar hidup kita semua dinaungi dan diberkati Tuhan.

Selamat berkahir pekan. Jangan lupa syukuri perjalalanan 1080 menit selama pekan ini. Tuhan memberkati selalu.

Doa

Allah Tritunggal Mahakudus, kami bersyukur atas segala berkat-berkatMu bagi kami semua sepanjang pekan ini. Kami juga bersyukur atas tuntunanMu melalui SabdaMu yang renungkan sepanjang pekan ini bagi. Bantulah kami agar senatiasa mengarahkan hidup sesuai cahaya kebenaran SabdaMu dalam hidup dan perjuangan kami. Semoga dengan bantuan RohMu kami mampu menghadapi dan memaknai peristiwa dan pengalaman yang kami alami dalam terang jalan kebenaranMu. Dan kami memohon anugrah berkat berlimpah dari kelimpahan kasihMu untuk hidup dan perjuangan kami dalam nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus. + Amin.

Oleh: P. John Masneno, SVD

(Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub)

 

3147 comments

  • Comment Link Frpvjk Friday, 12 April 2024 05:50 posted by Frpvjk

    stromectol australia - doryx order online cefaclor 500mg for sale

  • Comment Link Egbvez Wednesday, 10 April 2024 04:38 posted by Egbvez

    buy cleocin 150mg pill - cleocin without prescription purchase chloromycetin online

  • Comment Link Djcmku Tuesday, 09 April 2024 13:02 posted by Djcmku

    azithromycin 250mg pill - buy azithromycin 250mg online where can i buy ciplox

  • Comment Link Xqjjom Wednesday, 03 April 2024 14:22 posted by Xqjjom

    order amoxiclav - order ampicillin online buy ciprofloxacin tablets

  • Comment Link Qnqccc Monday, 01 April 2024 03:56 posted by Qnqccc

    order hydroxyzine 25mg pills - buy buspar for sale order generic amitriptyline

  • Comment Link Rifsgc Saturday, 30 March 2024 12:06 posted by Rifsgc

    clomipramine 25mg price - purchase celexa sale buy doxepin 75mg without prescription

  • Comment Link Jvesvy Saturday, 30 March 2024 06:21 posted by Jvesvy

    seroquel online order - order zoloft pill buy cheap eskalith

  • Comment Link Awerif Wednesday, 27 March 2024 13:18 posted by Awerif

    clozapine cheap - ramipril 5mg for sale order famotidine online cheap

  • Comment Link Ffivhv Wednesday, 27 March 2024 04:13 posted by Ffivhv

    pill retrovir - buy zyloprim 100mg pills

  • Comment Link Asulkx Monday, 25 March 2024 11:48 posted by Asulkx

    order glycomet generic - cost metformin 1000mg lincomycin 500mg cost

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Kegiatan Terbaru

...sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yohan...

25 October 2023
...sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yohanes 15:5)

Bagaimana menyelaraskan nilai-nilai iman sejati dengan kecanggihan art...

PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

19 October 2022
PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 yang lalu, Komunitas Verbum Domini (K...

BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

18 October 2022
BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

Bible Zoom-Youtube Live-Streaming diadakan lagi oleh Tim Pengurus Pusa...

BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTE...

16 October 2022
BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTER SAN

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

14 October 2022
BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

Tentang Kami

Nama yang dipilih untuk sentrum ini adalah “Pusat Spiritualitas Sumur Yakub” yang mempunyai misi khusus yaitu untuk melayani, bukan hanya anggota tarekat-tarekat yang didirikan Santu Arnoldus Janssen saja tetapi untuk semua... selebihnya

Berita Terbaru

©2024 Sumur Yakub - Pusat Spiritualitas. All Rights Reserved.

Search