Kegiatan

Wednesday, 19 October 2022 21:40

PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

Written by
PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER dok. Sumur Yakub

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 yang lalu, Komunitas Verbum Domini (KVD) merayakan ulang tahunnya yang ke-6. Bertempat di gedung Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) di Lantai 9, Jl. Salemba Raya No. 12, KVD mengadakan Seminar dengan tema : “Peran Sabda Dalam Gereja Misioner”. Seminar tersebut dibawakan oleh dr. Irene Setiadi, seorang misionaris awam, katekis dan pendiri dari KVD.

Dalam materi seminarnya, dr. Irene Setiadi memulainya dengan seruan apostolik Paus Fransiskus pada tahun 2013 Evangelii Gaudium (Sukacita Injil) dan Perutusan Agung di dalam Kitab Suci (Mat 28:19-20) serta mengutip pernyataan dari St. Hieronimus : Ignoratio Scripturarum Ignoratio Christi Est (Tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus).

Seminar dibawakan beliau dengan sangat lugas menggunakan kata-kata yang sederhana sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh peserta seminar. Beliau menekankan kepada pentingnya untuk mewartakan dan memuliakan Allah, mencitai Tuhan sebagaimana Tuhan mencinta, sukacita dan taat kepada panggilan, menjadi mitra keselamatan Allah bagi dunia, merespon dan bertanggung jawab serta mengikuti teladan yang telah Yesus berikan sendiri.

Dr. Irene Setiadi telah menjadi misionaris awam lebih dari 20 tahun dan membagikan pengalamannya tersebut kepada para peserta seminar. Beliau mengakhiri materinya dengan berpesan agar berkomitmen kepada janji baptis dengan semakin mantap mencitai Tuhan, sesama dan diri sendiri.

KVD yang dibentuk oleh dr. Irene Setiadi adalah sebuah komunitas pecinta Kitab Suci yang menekankan kegiatannya dengan refleksi dan ber-sharing antar anggota didasarkan kepada Kalender Liturgi Harian Gereja Katolik. Kegiatan ini dapat saling memperteguh, menghibur dan menguatkan antar anggota komunitas lewat pengalaman hidup mereka yang nyata sehingga Sabda Allah bukan lagi hanya susunan huruf-huruf dalam sebuah buku yang tidak memiliki makna, tetapi sungguh-sungguh menjadi Sabda Allah Yang Hidup.

KVD yang dideklarasikan di gedung LAI pada tanggal 15 Oktober 2016 dengan pembimbing Prof. RP. (Em) Martin Harun, OFM dan moderator RD. Yohanes Subagyo, beranggotakan kaum klerus dan awam. Di dalam jajaran pengurus pun terdapat RD. Yosep F. Susanto dan Bp. Hortensius Mandaru sebagai penasehat serta RP. John Masneno, SVD sebagai pembimbing spiritual. Di group sharing ada juga RP. Wilfrid Babun, SVD yang menjadi anggota aktif. KVD sekarang ini menjadi komunitas lintas paroki, lintas keuskupan bahkan lintas negara dan memiliki anggota ratusan orang yang benar-benar mencintai Kitab Suci. Anggota-anggota KVD dikelompokan di 5 group sharing didampingi Admin dan Moderator. Para Admin KVD saat ini yakni Ibu Florentina Kartinah, Ibu Francisca Mei Ling, dan Ibu Brigita Caroline. Sedangkan para Moderator antara lain: Ibu Albertin Hanny Indrawati, Ibu Lucy Ambarwati, Ibu Doktrina Prilanery Simbolon, Ibu Francisca Xaveria Engmawati, Bpk. Yohanes Rusmanto Irianto, Bpk. Ho Fudianto, dan Bpk Andry Surya. Sejauh ini group-group sharing berjalan baik dan menjadi tanda jelas yang menunjukkan antusiasme dan kecintaan pada Sabda Tuhan, serta upaya semakin mendekatkan diri dengan Sabda Tuhan sebagai penuntun langkah hidup. Hal ini bisa terlihat dari sharing-sharing harian para anggota yang diposting di group-group KVD. Hadir di acara HUT KVD ke-6 juga para Admin dan para Moderator serta beberapa anggota KVD.

Perayaan HUT KVD seperti ini menjadi momentum yang baik semakin memumpuk kasih persuadaraan di antara para anggota dan pengurus serta semakin membakar semangat mencintai Sabda Tuhan. Hal ini disimbolkan dengan Kue HUT KVD yang berbentuk KItab Suci suatu aSetelah acara pemotongan kue ulang tahun yang berbentuk Kitab Suci, acara ajakan untuk bersukacita dalam ziarah bersama Tuhan dan SabdaNya. Acara ramah tamah antara pengurus, moderator, admin group dan anggota juga berguna mempererat hubungan yang selama pandemi Covid-19 tidak pernah berinteraksi secara offline. Selamat Ulang Tahun KVD ke-6, Semoga Sabda Allah Yang Hidup dapat menjadi pelita dan pemandu bagi kehidupan kita semua.

Many books can inform you but only the Bible can transform you (banyak buku bisa memberikan informasi kepada Anda, tetapi hanya Sabda Tuhan yang mampu mentransformasi hidup Anda).

Oleh Andry Surya (Ketua Umum Komunitas Verbum Domini)

Last modified on Wednesday, 19 October 2022 21:57

3 comments

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Kegiatan Terbaru

PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

19 October 2022
PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 yang lalu, Komunitas Verbum Domini (K...

BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

18 October 2022
BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

Bible Zoom-Youtube Live-Streaming diadakan lagi oleh Tim Pengurus Pusa...

BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTE...

16 October 2022
BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTER SAN

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

14 October 2022
BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

BILBE ZOOM I PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA PROF. DR. MARTIN HA...

11 October 2022
BILBE ZOOM I PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA PROF. DR. MARTIN HARUN, OFM

Dalam rangka mengisi Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2022 yang bertem...

Tentang Kami

Nama yang dipilih untuk sentrum ini adalah “Pusat Spiritualitas Sumur Yakub” yang mempunyai misi khusus yaitu untuk melayani, bukan hanya anggota tarekat-tarekat yang didirikan Santu Arnoldus Janssen saja tetapi untuk semua... selebihnya

Berita Terbaru

©2023 Sumur Yakub - Pusat Spiritualitas. All Rights Reserved.

Search