Monday, 21 December 2020 14:07

BERUPAYA TURUT MENERUSKAN RAHMAT TUHAN

Written by John Masneno
BERUPAYA TURUT MENERUSKAN RAHMAT TUHAN dok. Sumur Yakub

Sahabat-sahabat Tuhan tks,

Salam jumpa lagi di Selasa IV di Bulan Desember 2020. Kita diajak melalui Pertemuan Berhikmah merenungkan satu kebenaran sejati yang senantiasa hidup dan bertumbuh tokoh-tokoh yang ditampilkan kepada kita melalui Sabda Tuhan beberapa hari belakangan ini. Kebenaran sejati yang dimaksud yakni kekuatan kasih Allah yang mampu menggerakkan hati-bathin orang untuk turut melakukan hal yang sama kepada sesamannya

Kebenaran sejati ini bisa kita temukan dalam diri Bunda Maria yang bersukacita karena diperkenankan menjadi Bunda Tuhan. Kegembiraan ini mendorongnya untuk membagikan kabar sukacita tersebut kepada Elisabet saudaranya. Dan Elisabeth yang begitu bergembira mengungkapkan suatu madah memuliakan Tuhan. Kisah lain kita temukan dalam diri Hana, Ibunda Samuel yang pergi ke rumah Tuhan Silo mempersembahkan rasa syukurnya kepada Tuhan karena Allah telah mendengarkan doa-doanya dengan menganugrahkan seorang anak.

Merenungkan kebenaran tersebut dalam sejarah hidup manusia kita temukan satu proses yang  yang sama yakni:

  • ketika orang sungguh mengalami kasih berkat Tuhan dalam hidupnya akan tumbuh rasa syukur kepada Tuhan, sekaligus kemauan untuk mau berbagi kasih berkat Tuhan kepada sesama. Berbagi berkat di sini bukan hanya dalam konteks berbagi materi kepada sesama, tetapi juga bisa dalam berbagai bentuk yang intinya mau mewartakan karya kasih Tuhan dan mau membuat orang lain pun turut bergembira sebagaimana dilakukan Bunda Maria kepada Santa Elisabeth.
  • Kesadaran akan karya kasih Tuhan dalam diri dan hidup kita pun bisa membuat kita seperti Hana yang semakin yakin pada pertolongan Tuhan dan mau mendedikasikan hidupnya bagi Tuhan dan sesama.
  • Bahkan Hana yang tak tanggung-tanggung mempersembahkan Samuel, anak yang dianugrahkan Tuhan kepadanya untuk dipakai Tuhan sebagai hamba-Nya.

Ditampilkan beberapa sharing pengalaman dan refleksi iman tentang pengalaman karya kasih Tuhan dalam hidup mereka dan apa yang mereka lakukan seturut kebenaran sejati yang disampaikan di atas (silahkan pilih dan renungkan kisah atau refleksi yang cocok dengan pengalaman Sdr/I):

  • Pengalaman hidup semenjak saya menikah dan dikarunia dua anak. Ketika anak pertama berusia 4 tahun, yang kedua 3 tahun kami tinggal di rumah kos sederhana yang hanya satu kamar berukuran kecil. Di suatu malam istri dan anak-anak tidur lelap, saya hanya mereka bertanya dalam hati dengan sedih ‘apakah saya bisa menyekolahkan mereka hingga tingkat SMA?’ Karena gaji yang saya peroleh sangatlah kecil, makanpun apa adanya. Saya duduk hening danair matapun jatuh, sambil bercerita kepada Tuhan Yesus, meminta kepada-Nya agar kedua anakku bisa saya sekolakan sampai ke tingkat SMA. Saya hanya percaya bahwa Tuhan maha pengasih, sambil berusaha bekerja dengan tekun walaupun gaji kecil dan harus berangkat pagi di saat lampu rumah belum padam dan pulang rumahpun sudah malam. Dalam perjalanan waktu, jatuh-bagun menghidupi keluarga, ada banyak jalan keluar yang kami alami. Apa yang saya minta kepada Tuhan Yesus di kabulkan. Tuhan memberi lebih dari apa yang saya minta, hingga kedua anak saya mencapai pendidikan meraih gelar sarjana. Secara nalar gaji saya memang tidak cukup, itulah manfaat dan kuasa doa yang luar biasa, bila Tuhan turut berkarya, semua pasti terjadi. Saya bangga menjadi Kristen Katolik yang membuat saya semakin bertumbuh dalam iman akan Yesus Kristus, dekat dengan para Kudus-Nya. Kami yakin melalui baptisan kami sudah dijadikan keluarga Allah secara rohani, menyebut dan memanggil Allah sebagai Bapa, maka segala persoalan hidup, kesulitan apapun kami diserahkan pada pertolongan Allah dalam doa. Kami diajar dalam hidup tidak mengandal kekuatan sendiri, sentiasa melibatkanlah Tuhan dalam pegulatan hidup keseharian melalui doa, pengharapan yang penuh keyakinan iman. Bagi kami amatlah penting dalam hidup keseharian untuk selalu menjaga kesucian diri yaitu hati dan pikiran; berpikir positip, tidak egois, berkata benar, suka mengampuni karena tubuh dan hati kita adalah bait kudus Allah. Saya sungguh merasakan pengaruhi Doa dalam hidup keseharian sangat mempengaruhi pikiran serta hati ke jalan yang benar, dan memampukan kami bertahan dalam berbagai kesulitan dan cobaan hidup, yang menurut nalar tidak mungkin dihadapi. Kristus Tuhan memampukan, menunjuk dan membukakan jalan keluar dalam sulit dalam hidup kami. Bapa yang kudus, yang selalu hadir di setiap langkah hidupku, hamba mau bersyukur karena Engkau begitu baik, yang selalu menjawab dan juga menolong, membukan jalan keluar di setiap kesulitan dan cobaan hidup hamba ini amen. (Bpk A. Gare, Gereja St. Joannes Baptista - Paroki Tulang Kuning Parung - Bogor)
  • Berkisah tentang kasih kemurahan Tuhan, semua kita pasti punya kisah masing-masing. Sudah jelas pengalaman-pengalaman kasih perhatian Tuhan yang kita alami mendorong kita untuk melakukan juga perbuatan baik kepada sesama. Saya secara pribadi berusaha sebisa mungkin melakukan hal-hal yang perlu saya lakukan. Hanya Tuhan yang tahu semua yang sudah saya lakukan buat sesama. Saya merasa pernikahan 36 tahun kami mengisahkan kisah tersendiri, baik yang menyenangkan maupun sebaliknya. Namun saya tetap mengikuti apa yang telah saya yakini sebagai pengikut Yesus. Setia dalam segala perkara. Mungkin saya dilahirkan ke dunia untuk mendampingi suami saya . Saya pun dipertemukan dengan suamiku di Gua Maria Sendangsono Magelang. Segala cobaan sudah pernah saya lalui. Sampai yang terburuk sekalipun. Juga mendampingi dalam kejatuhan usaha Makan sekali sehari saya sudah pernah alami dan jalani. Hal-hal yang tak diharapkan pun terjadi dalam perjalanan kehidupan keluarga kami. Mendampingi suami sakit parah dll. Maka saya merasa, saya dilahirkan untuk suami dan anak-anak saya. Tekadku sejak awal yakni apapun situasinya saya mau mempersembahkan yang terbaik bagi keluargaku terutama tugasku sebagai ibu yang menghadirkan buah hati kami dan menggandeng tangan mereka sampai usia dewasa. Melihat mereka kuliah di Auckland University. Menikahkan dengan pasangan masing-masing. Melihat satu persatu cucu saya lahir. Suatu proses kehidupan yang saya jalani dengan tetesan keringat dan derasnya air mata. Namun semua cobaan-cobaan saya syukuri dengan ikhlas. Saya sungguh berterimakasih pada Tuhan dan Bunda karena anak-anak dan pasangan mereka semuanya takut akan Tuhan. Keluarga anak-anak boleh dibilang semuanya mandiri dalam segala hal. Ini seperti kado dari Tuhan Yesus bagi saya. Setelah semua yang saya alami. Saya sungguh teguh melangkah dalam iman katolik. Tidak akan goyah selamanya. Tuhan sertai dan kuatkanlah kami selalu berjalan pada jalan kebaikan dan kebenaran-Mu. Amin. (Oleh, M.C. –Paroki F.X. Kuta Bali).
  • Saya sebagai pengikut Yesus, amatlah bersyukur, diberi nafas hidup tiap hari, oksigen yang Cuma-Cuma. Nafas hidup baru, nafas kehidupan, menyadarkan saya betapa Allah mengasihi manusia. Apa yang bisa saya lakukan untuk membalas cintanya? Pada minggu 29 November 2020, saya adakan zoom untuk keluarga besar saya. Sentuhan Firman Tuhan memiliki kekuatan dan dampak tersendiri bagi kehidupan keluarga besar karena menumbuhkan semangat perutusan sebagai anak-anak Allah, dan semangat untuk berbagi. Sepanjang 2020 ini, di setiap karya pelayanan selalu melibatkan keluarga besar sebagai wujud-nyata kami mau mengikuti Yesus yang berhati welas kasih, dengan tulus dan ikhlas berbagi pada orang kecil dan sederhana, bersatu dalam doa.  (Oleh Ng Veronica dari Paroki St. Marinus Yohanes Kenjeran Surabaya).
  • Dalam perziarahan hidup termasuk 2020 banyak hal ajaib yang terjadi dlm hidup saya. Hanya karena kasih karunia Tuhan, penyertaanNya dalam hari-hari hidup yang saya jalani sangat luar biasa. Kasih-Nya yang melimpah tidak cukup hanya dengan ucapan syukur. Di dalam keterbatasan, saya hanya bisa saya bersyukur dan memuji-Nya dalam setiap kesempatan. Seringkali saat teduh di pagi hari saya rasakan kehadiran-Nya, sentuhan-Nya serta suara-Nya terdengar lembut di telinga hati saya. Hal ini membuat saya nyaman dan ogah beranjak dari ruang doa. Saya percaya bahwa penyertaan-Nya tidak pernah berubah. Dan ini menjadi kekuatan yang mendorong saya untuk selalu bersekutu dengan-Nya. Berupaya sebisa membalas segala kebaikan-Nya yang diberikan buat hidup saya (Oleh Bpk Teddy P.S. Paroki HSPMTB Tangerang).

Apa pesan refleksi dan sharing-sharing iman ini bagiku dan keluargaku? Selamat merenung, Tuhan memberkati.

(Oleh P. John Masneno, SVD- Pengurus Pusat Spiritualitas Sumur Yakub)

 
Last modified on Wednesday, 23 December 2020 00:31

47 comments

  • Comment Link Toigma Thursday, 21 December 2023 13:18 posted by Toigma

    correction essay https://buyessaysonlinedsd55431.gynoblog.com/23492482/the-smart-trick-of-buy-essays-online-d-s-d-that-nobody-is-discussing extended essay samples

  • Comment Link memphis toyota Sunday, 22 October 2023 06:43 posted by memphis toyota

    Everything posted made a ton of sense. But, consider this, what
    if you were to create a awesome headline? I mean, I don't wish to tell you how to run your website, but what if you added
    something to maybe grab a person's attention? I mean BERUPAYA TURUT MENERUSKAN RAHMAT TUHAN is a
    little plain. You ought to look at Yahoo's front page
    and see how they create post titles to get viewers to click.
    You might try adding a video or a related pic or two to grab people excited about everything've written. Just my opinion, it would
    make your posts a little bit more interesting.

  • Comment Link slot88 Friday, 06 October 2023 12:30 posted by slot88

    Someone essentially lend a hand to make critically articles
    I might state. This is the very first time I frequented your
    web page and so far? I amazed with the research you made to make this actual
    put up incredible. Magnificent activity!

  • Comment Link lkq chula vista east Sunday, 01 October 2023 06:37 posted by lkq chula vista east

    Hi, Neat post. There's an issue along with your web site
    in web explorer, would test this? IE nonetheless is the marketplace chief
    and a large portion of folks will pass over your
    wonderful writing due to this problem.

  • Comment Link fuck Thursday, 21 September 2023 14:56 posted by fuck

    This is the right blog for anyone who wishes to understand this topic.
    You realize a whole lot its almost hard to argue with you (not that I personally would
    want to…HaHa). You certainly put a fresh spin on a topic that's been discussed for years.
    Wonderful stuff, just great!

  • Comment Link Human Wednesday, 20 September 2023 23:39 posted by Human

    I believe everything wrote was actually very reasonable. But, think on this, what if you added a little information? I am not suggesting your content isn't solid., but suppose you added something that grabbed folk's attention? I mean BERUPAYA TURUT MENERUSKAN RAHMAT TUHAN
    is a little boring. You might look at Yahoo's home page and note how they create article headlines to
    grab viewers to open the links. You might add a video
    or a related pic or two to grab people interested about everything've written. In my opinion, it might make your blog a little
    bit more interesting.

  • Comment Link pinup casino Monday, 18 September 2023 03:01 posted by pinup casino

    Before moving to how you can download apk and install the casino app, it is important to mention the
    main features of the Pin Up Casino native app.

  • Comment Link Amoppy Sunday, 03 September 2023 06:57 posted by Amoppy

    where to buy sildenafil over the counter cheapest viagra over the counter viagra substitute

  • Comment Link Slot Wednesday, 30 August 2023 03:29 posted by Slot

    What's up, after reading this remarkable article i am too happy to share my know-how here with mates.

  • Comment Link บาคาร่า Tuesday, 29 August 2023 05:24 posted by บาคาร่า

    I believe what you published made a great deal of sense. However, consider this, what
    if you composed a catchier post title? I am not
    saying your content is not good, but suppose you added something that
    makes people desire more? I mean BERUPAYA TURUT MENERUSKAN RAHMAT TUHAN is a little boring.
    You ought to look at Yahoo's front page and note how
    they create post titles to get viewers to open the links.

    You might try adding a video or a related picture or two
    to grab people excited about everything've got to say. Just my opinion, it could make your website a little bit more interesting.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Kegiatan Terbaru

...sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yohan...

25 October 2023
...sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yohanes 15:5)

Bagaimana menyelaraskan nilai-nilai iman sejati dengan kecanggihan art...

PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

19 October 2022
PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 yang lalu, Komunitas Verbum Domini (K...

BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

18 October 2022
BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

Bible Zoom-Youtube Live-Streaming diadakan lagi oleh Tim Pengurus Pusa...

BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTE...

16 October 2022
BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTER SAN

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

14 October 2022
BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

Tentang Kami

Nama yang dipilih untuk sentrum ini adalah “Pusat Spiritualitas Sumur Yakub” yang mempunyai misi khusus yaitu untuk melayani, bukan hanya anggota tarekat-tarekat yang didirikan Santu Arnoldus Janssen saja tetapi untuk semua... selebihnya

Berita Terbaru

©2024 Sumur Yakub - Pusat Spiritualitas. All Rights Reserved.

Search