Renungan

Wednesday, 02 May 2018 12:02

Menyembah Allah Menghormati Maria

Written by Maria F. Klau Payong Beda.

Saudara-saudari dalam Kristus.

Berkenaan dengan Injil hari tentang Pokok Anggur dan ranting-rantingnya, saya mau bagikan permenungan saya termasuk kebenaran teks ini dalam hidup Bunda Maria yang cukup besar perannya juga dalam hidup saya.

Kita tahu bhw ranting selalu menempel dan menyatu dengan pokok pohon sehingga dapat berbuah. Perumpamaan mengingatkan kita skan pentingnya menyatu dengan Tuhan sehongga bisa berbuah. Berbuah yang dimaksudkan dalam Injil hari ini adalah kekudusan hidup pengikut Tuhan yang menghasilkn buah karena persatuanya dg Kristus ( Katekismus  Gereja Katolik, No.2074 ).

Berkat sakramen pembabtisan kita telah bersatu erat dengan Yesus, Sang Pokok Anggur. Kualitas hidup kita diukur dari kualitas relasi yg intensif dengan Yesus. Jika terpisah dari Yesus, kita tak dapat berbuat apa apa dan kita tidak membuahkan kekudusan dslam hidup kita.

Bunda Maria memberikan teladan kepada kita bagaimana kepasrahan hidup pada kehendak Tuhan membuat hidup kita mampu menghasilksn buah berlimpah. Karena kedekatan kita dengan Bunda Maria akan menginspirasi kita untuk mengupayakan hal-hal demikian.

Karena itulah kita menghormati dan berdevosi kpd Bunda Maria.  Saya secara pribadi boleh mengatakan dan sekaligus memberi kesaksian bahwa banyak pengalaman iman dialami karena mencontohi sikap pasrah seperti Bunda Maria dan doa melalui bantuan Bunda Maria.

Saya yakin banyak orang mengalami hal ini juga. Paus Pius VII, misalnya, yang dipenjarakan oleh Kaisar Napoleon, berdoa mohon bantuan Bunda Maria. Dia berjanji kalau dibebaskan dari penjara dia akan mendedikasikan perayaan utk menghormati Bunda Maria. Dan terbukti dia dibebaskan tepat pada bulan Mei. Maka beliau menetapkan bulan Mei sebagai bulan Maria.

Semoga Sabda Tuhan hari ini dan kisah-kisah iman demikian makin meneguhkan kita untuk terus berakar dalam Yesus Pokok Anggur kita dan mencontohi Bunda Maria yang selalu hidup dalam tuntunan kehendak Tuhan.

Doa Peneguhan :
Yesus Kristus Tuhan kami, Engkau telah memilih Bunda Perawan Maria sbg bunda dan pengantara kami kepadaMU. Semoga kami yang memohon kemurahan Tuhan dapat bergembira bersama Bunda Maria karena dikabulkan permohonan kami demi Kristus Tuhan kami. Amin.

Oleh : Maria F. Klau Payong Beda.
(Asisten Pembimbing rohani Legio Maria) Keuskupan Agung Kupang dan Pengurus Komunitas Single Parent  Sumur Yakub cabang Kupang.

10212 comments

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Kegiatan Terbaru

...sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yohan...

25 October 2023
...sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yohanes 15:5)

Bagaimana menyelaraskan nilai-nilai iman sejati dengan kecanggihan art...

PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

19 October 2022
PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 yang lalu, Komunitas Verbum Domini (K...

BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

18 October 2022
BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

Bible Zoom-Youtube Live-Streaming diadakan lagi oleh Tim Pengurus Pusa...

BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTE...

16 October 2022
BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTER SAN

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

14 October 2022
BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

Tentang Kami

Nama yang dipilih untuk sentrum ini adalah “Pusat Spiritualitas Sumur Yakub” yang mempunyai misi khusus yaitu untuk melayani, bukan hanya anggota tarekat-tarekat yang didirikan Santu Arnoldus Janssen saja tetapi untuk semua... selebihnya

Berita Terbaru

©2024 Sumur Yakub - Pusat Spiritualitas. All Rights Reserved.

Search