Kegiatan

Tuesday, 24 September 2019 11:57

TEMU ANGGOTA TRY SUMUR YAKUB JABOTABEK

Written by John masneno, SVD
TEMU ANGGOTA TRY SUMUR YAKUB JABOTABEK dok. Sumur Yakub

Komunitas Transformative Youth (TRY) Sumur Yakub Wilayah Jabotabek mengadakan Temu Anggota se-Jabobatek di Grogol-Jakarta Barat pada tanggal 22 September 2019. Pertemuan berkala ini dibuat sebagai suatu bentuk perwujudan komitmen para anggota komunitas ini yakni pentingnya meluangkan waktu di tengah kesibukan untuk berkumpul bersama guna berbagi cerita kehidupan serta saling meneguhkan dalam perjuangan hidup.

Mengingat sebagian besar anggota komunitas ini adalah mahasiswa-mahasiswi dari berbagai tempat di Indonesia yang sedang mengenyam pendidikan maka kesempatan-kesempatan seperti ini juga dipakai untuk berbagai cerita tentang perjuangan mereka menata masa depan mereka. Ada juga input dan pencerahan pada kesempatan-kesempatan seperti ini dari tokoh-tokoh yang diundang untuk berbagi pengalaman hidup dan memberikan pencerahan serta bekal nilai-nilai hidup bagi mereka.

Selain sharing pengalaman hidup dan pembekalan nilai-nilai hidup, salah satu kekhasan komunitas kaum muda pada temu anggota seperti ini yakni perjamuan bersama baik jasmani (mealing) maupun rohani (Ekaristi Kudus). Doa dan Ekaristi Kudus bersama sudah menjadi salah satu bagian utama dalam jumpa kangen seperti ini guna makin memupuk iman dan kesadaran akan pentingnya menaruh hidup dan perjuangan pada Allah Tritunggal Mahakudus sebagai sumber kekuatan dan penggerak utama dalam hidup mereka.

Ekaristi Kudus juga menjadi moment bagi mereka ‘menimba’ kebijaksanaan dari Sabda Allah sendiri sebagai KOMPAS penuntun langkah hidup manusia. Menarik bahwa Injil yang didalami dalam Ekaristi Kudus kali ini berkaitan erat dengan satu hal yang sering dibahas dan dijadikan pegangan hidup anggota komunitas ini yakni upaya menata pertumbuhan hidup sebagai orang-orang muda potensial yang memiliki bibit, bebet dan bobot melalui daya upaya tekun setia dalam hal-hal kecil. Karena dengan menunjukkan kesetiaan dan komitmen mereka pada hal-hal kecil sederhana dalam keseharian hidup akan membentuk kebiasaan dan sekaligus karakter hidup mereka sehingga di mana dan kapan saja, entah sekarang maupun nanti, mereka akan tetap menghidupinya sebagai bagian dari diri mereka. Hal ini sinkron dengan ajaran Yesus, sahabat kaum muda: "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar” (Lukas 16:10).

Berkenaan dengan pesan Tuhan tersebut, para anggota diajak merenungkan sejauhmana daya upaya mereka mewujudkan komitmen-komitmen yang telah mereka buat, baik secara pribadi maupun secara bersama, di komunitas Youth ini. Mereka pun diajak mensyukuri hal-hal nyata yang telah mereka lakukan sebagai perwujudan komitmen bersama di komunitas ini.
Salah satu bukti transformasi komitmen bersama mereka di 2019 yakni telah terbentuknya Koor Komunitas namanya TRY SUMUR YAKUB CHOIR. Melalui Koor ini mereka berupaya menyumbangkan bakat dan kemampuan serta niat mulia mereka mau melayani Tuhan dan sesama melalui pelayanan-pelayanan mereka. Mereka juga terus berupaya mentrasformasi gagasan dan talenta mereka melalui berbagai kegiatan.

Salah satu rencana yang disepakati dalam pertemuan komunitas ini yakni akan diadakannya Retret Akhir Tahun Komunitas. Tujuannya untuk melihat perjalanan hidup mereka sepanjang 2019 dan membangun komitmen hidup yang akan diupayakan selama 2020. Rencananya kegiatan Retret ini akan melibatkan semua anggota komunitas baik yang ada di Jabotabek maupun yang ada di berbagai tempat lain di Indonesia dari Medan sampai Merauke dan juga Timor Leste.  

Inilah bukti-bukti nyata bahwa mereka punya kemauan dan kemampuan serta tekad mentsransformasi talenta dan gagasan bagus mereka ke kenyataan konkret sehingga berdayaguna bagi banyak orang. Dan inilah salah satu tujuan utama dibentuknya komunitas ini agar mendampingi kaum muda dalam perjuangan mereka sebagai orang-orang muda yang bertalenta supaya memiliki jati diri dan karakter bermartabat serta visi misi dalam hidup mereka. Mereka juga diarahkan untuk berjuang bersama MENTRANSFORMASI TALENTA, KEMAMPUAN, VISI-MISI DAN IDE-IDE BRILIAN MENJADI KENYATAAN (TRANSFORMERS). Makanya komunitas mereka diberi nama Transformative Youth (TRY) Sumur Yakub Indo-Leste –Komunitas Kaum Muda Transformatif yang bernaung di bawah Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo-Leste sebagai wadah yang menganyom dan mendampingi serta mengarahkan perjuangan transformatif mereka agar semakin berdayaguna bagi banyak orang.

Tentu saja upaya mewujudkan karya-karya luhur demikian sudah pasti melibatkan banyak pihak seperti orang-tua, para pendidik, pembimbing, inspiratory-motivator, sahabat kenalan dan orang-orang yang secara khusus menaruh perhatian pada perjuangan hidup. Menyadari peran penting pihak lain, maka mereka dibantu pada kesempatan-kesempatan seperti temu bersama ini untuk menyadari dan mengakui keterlibatan orang lain. Salah satu pegangan hidup bagi para anggota komunitas ini yakni upaya memiliki rasa terima kasih dan syukur sebagai kemampuan apresiatif dalam diri, bukan karena paksaan tetapi karena kesadaran akan peran Tuhan dan orang lain dalam hidup mereka. Orang yang mengungkapkan rasa terima kasih dan syukur serta apresiasi dari hati yang tulus dan genuine adalah orang yang tahu peran dan keterlibatan orang lain dan Tuhan dalam hidup mereka.

Sebab itu mereka terus diajak membangun kebiasaan mengenang dan mendoakan pihak-pihak yang berjasa dan menaruh perhatian kepada mereka. Sekali lagi melalui kebiasaan baik ini mereka dilatih menumbuhkan satu nilai luhur dalam diri mereka yakni kemampuan apreasiatif untuk senantiasa memiliki rasa terima kasih kepada sesama dan rasa syukur kepada Tuhan sumber berkat. Dan kebiasaan luhur ini pada gilirannya akan mendorong mereka untuk senantiasa terbuka serta mau berkolaborasi dengan sesama yang lain dalam perjuangan hidup dan kiprah mereka.

Patut dibanggakan dan disyukuri bahwa semangat hidup (spiritualitas) ini sudah perlahan-lahan tumbuh dalam diri mereka dan sudah menjadi bagian dari hidup mereka baik secara pribai maupun sebagai suatu komunitas. Semangat inilah yang terus mendorong mereka untuk berjuang bersama baik ke dalam komunitas maupun pihak-pihak lain di luar komunitas untuk menTRANSFORMASI niat, talenta dan kemampuan mereka melalui hidup dan kiprah mereka yang bermafaat bagi kepentingan bersama.

Oleh. John masneno, SVD (Moderator dan Pendamping Spiritual Komunitas TRY Sumur Yakub Indo-Leste)

Last modified on Tuesday, 24 September 2019 17:30

444 comments

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Kegiatan Terbaru

PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

19 October 2022
PERAN SABDA DALAM GEREJA MISIONER

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 yang lalu, Komunitas Verbum Domini (K...

BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

18 October 2022
BILBE ZOOM IV PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA KARDINAL SUHARYO

Bible Zoom-Youtube Live-Streaming diadakan lagi oleh Tim Pengurus Pusa...

BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTE...

16 October 2022
BILBE ZOOM III PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA MGR. DR. SILVESTER SAN

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

14 October 2022
BILBE ZOOM II PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA P. LUKAS JUA, SVD

Tim Pengurus Pusat Spiritualitas (Puspita) Sumur Yakub SVD-SSpS Indone...

BILBE ZOOM I PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA PROF. DR. MARTIN HA...

11 October 2022
BILBE ZOOM I PUSPITA SUMUR YAKUB BERSAMA PROF. DR. MARTIN HARUN, OFM

Dalam rangka mengisi Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2022 yang bertem...

Tentang Kami

Nama yang dipilih untuk sentrum ini adalah “Pusat Spiritualitas Sumur Yakub” yang mempunyai misi khusus yaitu untuk melayani, bukan hanya anggota tarekat-tarekat yang didirikan Santu Arnoldus Janssen saja tetapi untuk semua... selebihnya

Berita Terbaru

©2022 Sumur Yakub - Pusat Spiritualitas. All Rights Reserved.

Search